Kepala Sekolah termasuk juga Kepala TK dalam lingkungan PAUD
merupakan guru yang juga mendapat tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah, hal
ini sesuai dengan Permendiknas Nomor : 28 Tahun 2010.
Idealnya sebagai Kepala
Sekolah seyogyanya mempunyai beberapa tugas dan kewajiban dalam
menyelenggarakan Satuan Pendidikan, agar satuan pendidikan dapat terlaksana
dengan baik, diantaranya :
1.
Manajemen Satuan Pendidikan yang meliputi
perencanaan keuangan, tenaga pendidik, penerimaan peserta didik dan lain-lain. Dalam
menyusun perencanaan, agar selalu bekerja sama dengan komite, rekan pendidik.
2.
Peningkatan mutu Pendidik melalui beberapa
kegiatan seperti kelompok kerja guru, bimbingan teknis, diklat.
3.
Menjalin Hubungan yang baik dan sinergi dengan
masyarakat sekitar baik yang diwakili oleh komite sekolah, masyarakat murni dan
pemerintahan desa.
4.
Pembelajaran dan aktifitas peserta didik agar
selalu dinamis, ceria dan berkembang sesuai usianya, sehingga anak dapat
mempersiapkan diri untuk mengikuti ke jenjang pendidikan selanjutnya.
Paling tidak 4 hal tersebut di atas yang harus dilaksanakan
oleh seorang Kepala Taman Kanak-Kanak, demikian arahan yang disampaikan oleh
Kepala UPT Inspeksi Pendidikan Kecamatan Muara Uya – Jaro, Bapak H. Shopia
elhadi, S.Ag., M.M.Pd. dalam pertemuan Kelompok Kerja Kepala TK se Kecamatan
Muara Uya & Jaro, pada hari Kamis, 12 Januari 2017 yang bertempat di TK Tunas
Harapan Desa Ribang Trans Kecamatan Muara Uya.
Pertemuan K3TK ini dihadiri seluruh Kepala TK se wilayah UPT
Inspeksi Pendidikan Kecamatan Muara Uya – Jaro, Penilik Pembina PAUDNI, dan
beberapa orang guru PAUD.
Kepala UPT juga menyampaikan bahwa setiap Kepala TK
diharapkan selalu meningkatkan koodinasi dan konsultasi dengan Pemerintahan
Desa, sehingga terjalin komunikasi yang efektif dalam rangkan mendukung Program
PAUD di desa masing-masing.
Pada sisi lain, juga diminta oleh Kepala UPT, agar Kepala
Sekolah selalu menerapkan fungsi pengawasan terhadap keberlangsungan satuan
pendidikan, tugas pendidik, administrasi guru, variasi dan dinamika peserta
didik dalam bermain sambil belajar.