Menakar Dedikasi Guru
GURU. G-U-R-U
GU – RU
( ada yang mencoba menterjemahkan dengan
: digugu dan ditiru ) dan ada benarnya juga.
Profesi guru memiliki posisi
yang strategis sebagai api untuk sumbu perubahan.
sosoknya yang digugu dan ditiru menjadi muara inspirasi dan motivasi peserta didiknya.
Tak jarang sikap dan prilaku seorang guru sangat membekas dalam diri siswa.
Maka tidaklah mengherankan bila karakter dan kepribadian siswa cerminan dari gurunya.
sosoknya yang digugu dan ditiru menjadi muara inspirasi dan motivasi peserta didiknya.
Tak jarang sikap dan prilaku seorang guru sangat membekas dalam diri siswa.
Maka tidaklah mengherankan bila karakter dan kepribadian siswa cerminan dari gurunya.
Dari perkataan, sampai
perbuatan, cara berjalan, cara berbicara, intonasi kalimat, kemudian baju dan
model berpakaian-pun bisa menjadi pola, tiruan contoh siswa.
Seribu satu cara orang
mengapresiasikan cinta dan kagumnya kepada keagungan profesi ini dari puja-puji
membasahi lisan, merangkai barisan kata memuat cerita lewat pena hingga untaian
harapan di setiap doanya.
Kode Etik Guru adalah
norma, aturan, rambu-rambu, nilai dan asas yang disepakati dan diterima oleh
guru-guru Indonesia. Sebagai pedoman sikap dan perilaku dalam melaksanakan tugas profesi sebagai pendidik, anggota maasyarakat
dan warga negara. Kode Etik Guru merupakan pedoman sikap dan perilaku bertujuan
menempatkan guru sebagai profesi terhormat, mulia, dan bermartabat yang dilindungi
undang-undang.
Guru yang teruji, adabnya sesungguhnya
ibarat laboratorium pendidikan
karakteristik bagi murid-muridnya.
Karena karakter itu perlu figur contoh bukan sekedar teori sebatas tatap muka dalam kelas yang dikemas dalam teknik dan metode mengajar.
Penanaman nilai-nilai dalam pendidikan karakter hanya bisa disulih dari guru-guru yang berkarakter pula.
Karena karakter itu perlu figur contoh bukan sekedar teori sebatas tatap muka dalam kelas yang dikemas dalam teknik dan metode mengajar.
Penanaman nilai-nilai dalam pendidikan karakter hanya bisa disulih dari guru-guru yang berkarakter pula.
Penanaman akhlak dalam kepribadian hanya bisa disulih dari guru-guru yang memiliki akhlak yang terpuji pula.
Penanaman adab dalam perilaku hanya bisa disulih dari guru-guru yang memiliki adab yang diteladani pula.
Adab bagai sebuah katalisator
ilmu. Seperti pada sebuah reaksi kimia, katalisator memegang peranan dalam
kecepatan reaksi. Katalis tidak akan berubah bentuk selama reaksi, namun
efeknya sangat terlihat pada hasil reaksi.
Ketika dedikasi tinggi sudah
tertanam di dalam hati seorang guru.
Ketika adab tinggi sudah tertanam di dalam hati seorang guru
Ketika akhlak mulia sudah tertanam di dalam hati seorang guru.
maka yakin dan percaya, bahwa kesuksesan bangsa akan semakin digenggam.
Peserta didik kita akan menjadi benih-benih yang akan tumbuh menjadi pundi-pundi aset negara.
maka yakin dan percaya, bahwa kesuksesan bangsa akan semakin digenggam.
Peserta didik kita akan menjadi benih-benih yang akan tumbuh menjadi pundi-pundi aset negara.
InsyaAllah,.......Semoga !!
Catatan Pertemuan KKG Guru di UPT Inspeksi Pendidikan Kecamatan Muara Uya & Jaro.