( KKG ) MUARA UYA RAYON 1, Maret 2016

Minggu, 27 Maret 20160 komentar

KEGIATAN POKJA GURU ( KKG ) MUARA UYA RAYON  1
JUDUL KEGIATAN :   Media Pembelajaran Berbasis IT
Bertempat di SDN 1 Simpung Layung, pada hari ini Senin,  21 Maret 2016, telah Dilaksanakan kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Rayon 1 Muara Uya. Kegiatan dihadiri oleh     Bapak H. Shopia Elhadi, S.Ag.MM.Pd selaku Kepala Kantor UPT Inspeksi Pendidikan Kecamatan Muara Uya &  Jaro, Bapak  M. Sarpani, S.Pd ( Pengawas Pembina )
Dalam sambutannya dan arahannya Bapak H. Shopia Elhadi, S.Ag.MM.Pd mengingatkan bahwa Etika Profesi Keguruan adalah norma-norma yang wajib dilaksanakan oleh seorang guru dari moral, tingkah laku ataupun menyelidiki mana yang baik dan mana yang benar. Etika meliputi : pertanggungjawaban (reponsibility), pengabdian (dedication), kesetiaan (loyalitas), kepekaan (sensitivity), persamaan (equality) dan kepantasan (equity).  Kesalahan yang sering dilakukan guru antara lain : mengambil jalan pintas pembelajaran, menunggu peserta didik berprilaku negatif, mengunakan destruktif disiplin, mengabaikan perbedaan peserta didik, merasa paling pandai, tidak adil, memaksa hak peserta didik, memarahi peserta didik ketika tidak bisa menjawab, mengunakan waktu tidak tepat, cara mengajar yang monoton, diskriminatif, memberi penghargaan yang berlebihan dan terlalu permisif dengan siswa.
Peran Guru dalam pembelajaran adalah Guru harus memberi kemudahan untuk belajar agar dapat meningkatkan potensi peserta didik secara optimal, disini guru sebagai pendidik, pengajar ataupun pembimbing.
Kemudian dilanjutkan dengan arahan Bapak  M. Sarpani, S.Pd yang menyampaikan beberapa informasi tentang Ujian Akhir Sekolah ( UAS ) dilaksanakan pada tanggal 18 s.d 23 April 2016 yaitu :
·         Senin, 18 April 2016 : Bahasa Indonesia dan Agama
·         Selasa, 19 April 2016 : IPA dan IPS
·         Rabu, 20 April 2016 : Matematika dan PKn
·         Kamis, 21 April 2016 : Muatan Lokal dan Seni Budaya dan Keterampilan ( SBK )
·         Jum’at, 22 April 2016 : Penjaskes
·         Sabtu, 23 April 2016 : Praktik Penjaskes
·         Soal Mulok dan SBK masing-masing sekolah membuat sendiri khususnya guru yang bersangkutan.
Kegiatan KKG kali ini bertema tentang  Media Pembelajaran berbasis IT ( MS Power Point ), Pengenalan tentang Microsoft Powerpoint dan cara membuat aplikasi tersebut sebagai media pembelajaran berbasis IT  sehingga lebih menarik dan hidup. Ms Powerpoint adalah salah satu program aplikasi microsoft office yang berguna untuk membuat presentasi dalam bentuk slide. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk keperluan presentasi, mengajar dan untuk membuat animasi sederhana.  Yang menjadi Narasumber yaitu Bapak Abdi Rosadi, S.Pd, guru SDN Sungai Kumap Kec. Muara Uya.
Kegiatan diakhiri dengan  Tugas Kelompok yaitu setiap kelompok terdiri dari 5 orang, membuat aplikasi Ms Power Point dan dikumpul pada pertemuan berikutnya.

Muara Uyao, 24 Maret 2016
Yang Melaporkan Kegiatan :
KETUA KKG RAYON 1 MUARA UYA,
Asri Fatimah, S.Pd.
NIP. 19890511 201402 2 002
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2015-2017. UPT IP. Kecamatan Muara Uya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger