PEDOMAN PERINGATAN HARDIKNAS TAHUN 2016

Minggu, 24 April 20160 komentar

Berdasarkan surat edaran Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 19180/MPK.A/MS/2016 mengenai pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2016 disampaikan hal-hal sebagai berikut:
  1. Hari Pendidikan Nasional Tahun 2016 diperingati selama satu bulan penuh pada bulan Mei sebagai Bulan Pendidikan dengan konsep gerakan bersama yang melibatkan semua unsur masyarakat dengan tema pokok “Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-Cita”.
  2. Rangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun  2016 diawali dengan pelaksanaan upacara bendera secara serentak pada hari Senin, 2 Mei 2016 pukul 08.00 waktu setempat di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Agama, Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, Pemerintah Daerah, seluruh unit pelaksana teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan seluruh institusi penyelenggara pendidikan di Indonesia yang akan diatur lebih lanjut dalam pedoman pelaksanaan upacara bendera.
  3. Peringatan Hari Pendidikan Nasional disemarakkan dengan kegiatan-kegiatan yang dirancang dalam tema yang berbeda di setiap minggunya selama bulan Mei. Adapun tema-tema setiap minggunya adalah sebagai berikut:
  4. Minggu ke-1
  5. Sub Tema                     : “Kembali ke Sekolah”.
    Contoh Kegiatan          : 
    1. Profesi kembali ke sekolah
    1. Muliakan Guru
    2. Bantu Sekolah
    3. Peningkatan Minat dan Daya Baca
    • Minggu ke-2
    Sub Tema                     : “Ekspresi Merdeka”.
    Contoh Kegiatan          : 
    1. Tunjukkan Ekspresi Merdekamu
    1. Buah Pendidikan dan Kebudayaan.
    2. Pahlawan Pendidikan dan Kebudayaan.
    • Minggu ke-3
    Sub Tema                     : “Anak adalah Bintang”.
    Contoh Kegiatan          : 
    1. Karya Anak
    1. Suara Anak.
    2. Petualangan Anak
    • Minggu ke-4
    Sub Tema                     : “Semua Murid, Semua Guru”.
    Contoh Kegiatan          
    : 1. Semua Murid, Semua Guru
    1. Gotong Royong untuk Pendidikan dan Kebudayaan
     3. Puncak rangkaian kegiatan peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2016 dilaksanakan pada hari Minggu, 29 Mei 2016 di Jakarta dengan melibatkan para komunitas pegiat pendidikan dan masyarakat.
    1. Untuk lebih memupuk rasa patriotisme selain mengadakan upacara bendera, panitia nasional peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2016 akan ziarah ke makam Ki Hadjar Dewantara di Yogyakarta. Berkenaan dengan itu, dihimbau kiranya Gubernur dan Bupati/Walikota juga berkenan melakukan ziarah ke taman makam pahlawan di wilayah masing-masing.
    2. Agar lebih memaknai peringatan Hari Pendidikan Nasional, dihimbau kepada masing-masing institusi untuk melaksanakan kegiatan yang mendukung peningkatan mutu pendidikan sesuai dengan semangat Hari Pendidikan Nasional Tahun 2016 ini dan untuk menyemarakkannya diharapkan masing-masing institusi memasang spanduk dengan tema tersebut di atas.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2015-2017. UPT IP. Kecamatan Muara Uya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger