20 Cara Mengajar, Ala Nabi Muhammad, sangat cocok untuk Guru PAUD dan Guru SD Kelas Awal

Selasa, 19 April 20160 komentar

20 Cara Mengajar, Ala Nabi Muhammad, sangat cocok untuk Guru PAUD : silakan download di sini

atau baca dulu uraian berikut.
Banyak para Ahli baik ahli dalam negeri maupun luar negeri mengemukakan banyak pendapat, teori dan temuan tentang berbagai metode, teknik mengajar untuk seorang guru.
Namun metode mengajar yang diajarkan Rasulullah, Muhammad SAW, berikut ini cukup  menjadi pegangan, efektif dan menyenangkan bagi semua guru di semua tingkatan pendidikan.
Apa Saja ?
Berikut ini adalah 20 Metode Mengajar Bagi Guru yang Efektif dan Menyenangkan dan berlaku global atau universal untuk semua guru semua tingkatan usia anak mulai dari Guru PAUD, sekolah dasar, sekolah menengah, sekolah atas bahkan universitas.

Metode mengajar anak semua usia laki-laki maupun perempuan ini diajarkan oleh Rasulullah Muhammad SAW dan diambil dari buku karangan Dr. M. Syafii Antonio, M. Ec yang berjudul "Muhammad SAW The Super Leader Super Manager"

Bagi guru anak usia dini dapat mengaplikasikan metode mengajar ala rasulullah saw kepada anak didiknya sehingga perkembangan anak menjadi sangat optimal. Silahkan dicoba metode mengajar yang baik dan menyenangkan ini ayah bunda:

Apa yang harus dilakukan seorang guru dalam mengajar metode mengajar agar tidak membosankan ikuti metode mengajar ala nabi Muhammad saw ini.

1.    Learning Condioning: Meminta diam untuk mengingatkan, menyeru secara langsung perintah untuk menyimak dan diam dengan cara tidak langsung.
2.    Active Interaction: Interaksi pendengaran yang pertama adalah teknik bicara, usahakan tidak bertele-tele pada ucapan, dan tidak terlalu bernada puitis, memperhatikan intonasi diam sebentar ditengah-tengah penjelasan. Yang kedua adalah gunakan eye contact atau tatapan mata dalam mengajar, memanfaatkan ekspresi wajah, dan tersenyum.
3.    Applied Learning: Metode praktikum yang diterapkan oleh guru dan dilakukan oleh murid.
4.    Scanning and Levelling: Memahami siswa secara individu sesuai tingkat kecerdasannya.
5.    Discussion and feedback: Metode yang logis dalam memberikan jawaban dan membuat contoh sederhana yang mudah difahami.
6.    Story Telling: Menggunakan metode bercerita.
7.    Analogy and Case Study: Memberikan perumpamaan dan study kasus nyata di sekitar kehidupan.
8.    Teaching and Motivating: Mengajar san juga memotivasi sehingga meningkatkan gairah belajar dan rasa keingintahuan yang tinggi.
9.    Body Language: Gunakan bahasa tubuh sehingga Membuat penyampaian bertambah terang, lebih jelas, menarik perhatian siswa dan membuat makna yang dimaksud melekat pada pikiran. Hal ini akan mempersingkat waktu mengajar ayah bunda karena siswa cepat faham.
10.  Picture and Graph Technology: Dalam mengajar terutama anak usia dini gunakanlah alat peraga. Penjelasan yang ayah bunda sampaikan akan diperkuat dengan gambar dan tulisan secara kongkrit.
11.    Reasoning and Argumentation: Mengungkapkan alasan akan memperjelas sesuatu yang sulit dan berat agar difahami oleh siswa.
12.    Self Reflection: Memberi kesempatan kepada siswa untuk menjawab sendiri suatu pertanyaan agar siswa dapat mengoptimalkan kerja otak dan mengasah pikiran. Sebagai guru, ayah bunda tidak boleh semena-mena menyatakan bahwa jawaban anak salah meskipun memang salah.
13.    Affirmation and Repetition: Pengulangan kalimat dan ucapan nama.
14.    Focus and Point Basis: Mneggunakan teknik berdasarkan rumusan-rumusan besar atau poin akan membantu siswa dalam menyerap ilmu dan menjaganya dari lupa.
15.    Question and Answer Method: Teknik bertanya untuk menarik perhatian siswa dan membuat siswa siap terhadap apa yang akan disampaikannya.
16.    Guessing with Question: Berikan tebakan sambil bertanya, hal ini penting untuk memperkuat pemahaman dan memperbesar keingintahuan.
17.    Encouraging Student to Ask: Guru memberikan kesempatan dan motivasi kepada siswa untuk berani mengajukan pertanyaan; bertanya dapat menghapus kebodohan serta memperbaiki pemahaman dan pemikiran dan menjadi alat evaluasi guru atas cara penyampaiannya.
18.    Wisdom and Answering Question: Menyikapi siswa yang mengajukan pertanyaan sesuai dengan tingkat pengetahuannya, menyikapi si penanya dengan sikap yang bermanfaat baginya.
19.    Commenting Student Answer: Memberikan komentar terhadap jawaban siswa.

20.    Honesty: Seorang guru harus menanamkan sikap mulia berani mengakui ketidaktahuan ke dalam diri siswanya. Ucapan 'aku tidak tahu' adalah bagian dari ilmu.

Silakan Download 20 Cara Mengajar, Ala Nabi Muhammad, sangat cocok untuk Guru PAUD disini

Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2015-2017. UPT IP. Kecamatan Muara Uya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger